ENSIKLOPEDI TOKOH ORIENTALIS PDF

Figure Book cover of Ensiklopedi Tokoh Orientalis (English translation: Encyclopaedia of Orientalists) demonstrating an antiOrientalist concept in the. Abdurrahman Badawi is the author of Sejarah Ateis Islam ( avg rating, 7 ratings, 1 review, published ) and Ensiklopedi Tokoh Orientalis ( avg. Mustafid, Abdurrahman Badawi ; terj. [dari bah. Arab]: Amroeni Drajat ; ed.: Fuad (). Ensiklopedi tokoh orientalis (Cet. 1. ed.). Yogyakarta: Lembaga Kajian.

Author: Dozilkree Vikinos
Country: Benin
Language: English (Spanish)
Genre: Education
Published (Last): 15 March 2004
Pages: 188
PDF File Size: 18.34 Mb
ePub File Size: 19.8 Mb
ISBN: 264-2-14040-517-8
Downloads: 62203
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Tygolrajas

Sayangnya, ketika disiplin yang berkaitan dengan hal tersebut berkembang dan mewujud dalam disiplin sosiologi serta menjadi semakin krusial keberadaannya dalam ranah praktis, para ilmuwan muslim kontemporer justru sedikit sekali yang dapat memberikan kontribusi signifikan yang mewarnai sosiologi kontemporer.

Aceh identik dengan Islam.

Carl Heinrich Becker

Account Options Sign in. Orienalis tersebut dapat dilihat di dalam beberapa karya besar ilmuwan muslim yang berbicara tentang masyarakat, negara, politik, pemerintahan, dan lain sebagainya. Sebenarnya tak juga seperti yang diduga Marx, masyarakat tidak ingin terus menerus berada dalam konflik. Penerbitan kembali karya Paramita R. Dia adalah seorang budayawan multi-talenta: Singkatnya, karya ini dimaksud untuk mengisi gap dalam panggung sejarah Aceh. Persis dengan apa yang telah disinyalir oleh para pemikir Durkheimian.

Carl Heinrich Becker – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sebagai seorang penulis, Emha sangat produktif, telah menghasilkan puluhan buku. Meski kesadaran manusia juga merupakan produk dunia di mana manusia berada. Minatnya luas, mencakup berbagai masalah hangat di bidang sosial, budaya, dan politik.

Namun tak sepenuhnya dunia diisi dengan tatanan yang harmonis. Dalam untaian khazanah perkembangan ilmu pengetahuan dunia Islam, berbagai hal yang berkaitan dengan aktivitas masyarakat dan individu yang ada di dalamnya, telah mendapatkan perhatian yang besar. Pemikir Weberian, memusatkan perhatiannya pada dunia kesadaran manusia yang unik dan subyektif, di tengah ensimlopedi dunia yang dinamis dan kompleks.

  EL CANTAR DE UN GUITARRON PDF

Di dalamnya, Emha menuangkan segenap gagasan dan uneg-uneg-nya tentang “persoalan-persoalan darurat bagi bangsa yang berduka”. Dengan pendekatan ini diharapkan akan muncul penjelasan sejarah sejarah explanation dan interpretasi sejarah yang baru dan objektif terhadap topik bahasan.

Keberadaan kaum orientalis bagi dunia Islam telah menimbulkan perdebatan panjang. Selain berkiprah di dunia tulis-menulis, Emha juga merupakan motor penggerak di balik kelompok musik Kiai Kanjeng dan pengajian komunitas Jamaah Maiyah yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Kehadiran Portugis di perairan dan kepulauan Indonesia kurang-lebih tahun yang lalu telah meninggalkan jejak-jejak sejarah sampai hari ini masih dipertahankan oleh beberapa komunitas lokal di Nusantara, khususnya di Flores, Solor, dan Maluku. Dengan demikian, berbicara mengenai Aceh bermakna berbicara mengenai masyarakat Islam. Ide-ide dan sepak terjangnya sering bernada kritis dan mengejutkan.

Sebagian umat Islam menolak mentah-mentah terhadap kajian yang dilakukan kaum orientalis, karena dipandang orkentalis melecehkan Islam. Namun, dimensi “keagamaan” inilah yang sering diabaikan oleh para sarjanaterutama Barat, dalama kajiannya mengenai masyarakat Islam di Aceh.

Salah satu warisan Portugis yang menarik adalah nama Pulau Flores yang sesungguhnya merupakan kependekan dari Cabo de Flores, sebuah nama yang oirentalis pelaut-pelaut Portugis di masa lalu ketika mereka mencapai Tanjung Bunga.

Dunia tumbuh berkembang dinamis dan semakin kompleks. Hanya sedikit peneliti Indonesia yang memberikan perhatian kepada warisan sejarah ini, walaupun banyak hal dalam kehidupan kita hari ini tidak bisa dilepaskan dari fakta sejarah tersebut.

Masyarakat juga menghendaki kehidupan dengan membangun sejumlah konsensus, meski acapkali yang dijumpai adalah konsensus semu. Sejarah, Budaya, dan Tradisi. Benar seperti yang diurai oleh kalangan Marxian. Abdurachman tentang sumber-sumber sejarah Portugis di Indonesia yang selama ini tersebar di berbagai jurnal, merupakan suatu upaya mengajak generasi muda Indonesia untuk memahami masa lalu masyarakat kita bagi kebaikan masa depan bangsa, khusunya dalam menata hubungan antar bangsa.

  FLEMING RISHEL DETERMINISTIC STOCHASTIC OPTIMAL CONTROL PDF

Kesimpulan seperti ini jelas berkaitan dengan sikap ideologi dan kecemasan kaum orientalis dalam beragama, selain agama yang mereka anut adalah musuh, dan harus dihancurkan.

Mereka heterogen, akibat keunikan model kesadaran yang dimiliki setiap warga dunia dalam merespon realitas. Buku ini mengajak pembaca, merekonstruksi secara ebsiklopedi tiga aliran ilmu sosial.

Arthur John Arberry – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dalam kajian terhadap topik-topik yang disajikan dalam karya ini, terlihat jelas bahwa dimensi keagamaan sesungguhnya tidak dapat dipisahkan-apalagi ditinggalkan-dari setiap perilaku masyarakat Aceh, baik masa kini maupun masa lalu. Secara khusus, dimensi “keislaman” mendapat perhatian lebih di dalam karya ini.

Bunga angin berarti aroma ombak atau angin sepoi-sepoi yang mendahului badai. Karya ini merupakan sebuah upaya untuk mengkaji sejarah dan budaya Aceh akademis.

Hal yang sama juga terlihat pada kajan masyarakat Muslim lainnya di kawasan Nusantara, bahwa penekanan diberikan pada dimensi ekonomi dan politik semata. Dunia adalah produk kesadaran manusia. Rekontruksi Teori Sosial Modern. It syncs automatically with your account and allows you to read online or offline wherever you are. Ketiga mazhab itu adalah aliran konsensus, konflik dan aliran yang peduli dengan dunia kesadaran manusia.

Meskipun telah banyak karya yang ditulis oleh para sarjana mengenai Aceh, termasuk dimensi sejarah, namun masih banyak pertanyaan historis mengenai masyarakat di paling ujung Pulau Sumatera ini yang masih tersisa dan belum terungkap.